System Perdagangan Elektronik dengan Perangkat Mobile (M-Commerce / Mobile Commerce)


Kali ini saya akan membagikan sebuah makalah tentang M-Commerece / Mobile Commerce atau sistem perdagangan elektronik dengan menggunakan perangkat mobile.
okee Cekidoott .... 

BAB I
PENDAHULUAN

M-commerce (Mobile commerce) adalah system perdagangan elektronik (E-commerce) dengan menggunakan peralatan portable/mobile. Pada saat pengguna computer berpindah dari satu tempat ke tempat lain (sewaktu berada dalam mobil, misalnya) , pengguna computer trsebut dapat melakukan tranaksi jual beli produk di internet dengan menggunakan system m-commerce ini. Istilah lainnya iyalah m-bisnis(mobile business).Pada darsarnya m-commerce adalah gabunngan dari perdagangan elektronik (e-commerce) dengan mobile computing. Bias dikatakan bahwa m-comerce ini adalah e-commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel. Penggunaan m-commerce bias ditransaksikan melalui internet, jaringan komunikasi pribadi, Smart card, dan infrastuktur lainnya. M-commerce membuka peluang untuk memberi layanan baru bagi customer yang telah ada untuk menarik customer baru (source: www.wikipedia.org).





BAB II
PEMBAHASAN

  • A.Mobile commerce dan perkembangannya

Transaksi niaga berbasis telepon selular berkembang tidak hanya di sector jasa  keuangan. Akan semakin menyelam jauh di sector bisnis. Pengguna perangkat mobile terus menunjukan peningkatan tiap tahunnya. Bahkan satu orang kini bias memiliki lebih dari satu perangkat mobile. Bukan tidak mungkin nantinya jumlah perangkat mobile yang digunakan akan lebih besar dari jumlah penduduk. Hasil studi Accenture dari 1.100 responden di Asia menunjukkan bahwa pasar ponsel Asia tumbuh 25% setiap tahunnya. Indonesia dengan jumlah penduduknya yang besar tentu memiliki potensi yang juga besar. Selain itu, 69%  dari respon tersebut memilih ponsel ebagai alat pembayaran. Angka ini menjadi indikasi adanya bisnis dari pertumbuhan pengguna ponsel ini.

  •  Pengertian M-Commerce (Mobile Commerce)

Mobile commerce, yang sering disebut m-commerce, secara umum merupakan aktivitas perdagangan berbasis perangkat bergerak, seperti ponsel. Ada pula Definisi m-commerce menurut Ericsson adalah jasa transaksi terpercaya melalui mobile devices untuk pertukaran barang dan jasa antara konsumen, pedagang, dan institusi finansial. Jadi selama terjadi transaksi atau perpindahan uang dengan perantaraan mobile devices maka dapat dikategorikan sebagai m-commerce
M-Commerce atau Mobile Commerce adalah pembelian dan penjualan jasa dan barang melalui atau dengan alat wereless handeld seperti tlepon selular dan Personal Digital Assistant(PDAs).

  •   Kelebihan dan Kekurangan M-commerce(Mobile commerce)

Mobile commerce (M-comerce) lahir setelah E-commerce yang pada umumnya dilakukan melalui media internet. Kelahiran Mobile Ecommerce (M-comerce) tersebut terutama dipicu oleh tingginya tingkat penetrasi handphone di seluruh dunia. Dibandingkan system E-commerce lainnya.
1.                  Kelebihan Mobile Commerce(M-comerce)
§  Ubiquity: pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja
§  Security: pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader dan smart cardnya itu sendiri. Sehingga dapat dingunakan sebagai secret authentication key.
§  Localization: memungkinkan diterapkannya location services.
§  Convenience: ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi.
§  Personalization: handphone merupakan perangkat yangbersifat personal, sehingga  memungkinkan untuk menawarkan layanan/produk yang bersifat personal.
2.                  Kekurangan Mobile Commerce(M-comerce)
§  Keterbatasan perangkat.
§  Tingkat keberagaman perangkat, jaringan dan operating system yang sangat tinggi, membutuhkan standardisasi platform antara vendor. Antara lain telah di atasi oleh J2ME(java 2 Micro Editian).
§  Tingginy tingkat kehilangan / pencurian handphone.
§  Bertambahnya tingkat kerawanan terhadap security ketika data ditransfer melalui air interface

  •      Sistem M-commerce (Mobile commerce)


Terdapat sejumlah besar payment system E-commerce an M-commerce (Mobile commerce), beragam system tersebut disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut
1.              Waktu pembayaran. Waktu pembayaran yg lebih relative terhadap waktu transaksi(dilakukan pada saatsebelum transaksi atau sesudah transaksi)


2.                  Jumlah pembayaran. Dapat berupa transaksi besar mapun kecil
a.      Transaksi besar
Transaksi beras atau transaksi bernilai besar, perlu dilakukan authentikasi melalui institusi finansial yang terpercaya
b.      Transaksi kecil
Transaksi kecil atau transaksi bernilai kecil, authentikai hanya cukup dilakukan pada level jaringan operator antara lain melalui SIM Card.
3.                  Isu Anonim. Identitas pelanggan tidak di ktahui oleh merchant
4.                  Validasi. Dilakukan secara online atau offline
Selain keempat isu utama tersebut E-commerce dan M-commerce juga di pengaruhi oleh isu lainnya.
1.                  Biaya tranaksi yang timbul di sisi customer dan merchant.
2.                  Performansi (respon time).
3.                  Biaya per transaksi.
4.                  Terjaminnya ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability ).
5.                  System yang berjalan di tingkat nasional maupun internasional.
Mungkin Hanya ini yang bisa saya tampilkan, untuk lebih lengkapnya silahkan Download di sini.
Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat-sobat semua ...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar sobat di sini
No Sara, No Spam ! Thank You .

 

Copyright @ 2013 Blog Izie.