Cara Mengembalikan Fungsi Tombol Fn +( F1 - F12) ke Standar Laptop Pada Umumnya


Haloo sobat, kali ini ane mau cerita pengalaman pribadi ane ya... curhat dong..? hehehe...

Waktu ane pertama beli laptop ini laptop gak ada masalah fine fine aja, namanya juga laptop baru ya iya lah ,, hehehe . Nah beberapa bulan kemudian tiba-tiba datang seekor nyamuk hap langsung ditangkap, hehe bercanda. Jadi gini ceritanya, pada suatu hari duh kaya dongeng, tiba-tiba tombol F1-F2 ketuker fungsinya yang seharunya gak harus nekan "fn" jadi harus neken "fn" untuk F1-F12. Nah lhoo apanya yang salah, apa ada tombol yang keteken ???

Terus ane tanya deh ke mbah google caranya biar balik lagi kaya semula, tereeeeeeeeng... dan akhirnya ketemu deh.

Terus bagaimana cara mengembalikan fungsi tombol-tombol tersebut tanpa harus nekan tombol "fn" ? Oke ikti langkah-langkahnya yaa sob :

1. Restart notebook/Laptop sobat.
2. Saat menyala (Bios screen) masuk ke Bios dengan cara tekan "F2" atau dengan tombol yang tertera di layar laptop sobat untuk memasuki bios.
3. Masuk ke menu "Advance", lalu pilih "System Configuration".
4. Pada opsi Function Key Mode, ubah menjadi Standard F1-F12 mode.
5. Simpan setting bios tersebut dengan menekan F10.

Pada Beberapa merk laptop, untuk mengubah fungsi tombol F1-F12, setelah masuk bios sobat tinggal mengubah opsi Action Keys nya dari Enable menjadi Disable. Kemudian Simpan (tekan F10).

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, fungsi tombol F1-F12 akan berfungsi seperti pada umumnya tanpa harus menekan "fn".

Okee, semoga bermanfaat buat sobat-sobat yang mempunyai masalah kaya ane :D


http://itcfb.com/mengatur-mode-tombol-fungsi-pada-laptopnetbook/

60 komentar:

  1. Udah ngikutin urutan di atas belum ?
    coba lagi aja gan... semoga beruntung ...

    ReplyDelete
  2. gan klo laptop dell LATITUDE E4300 gmnaa

    ReplyDelete
  3. gan klo laptop DELL LATITUDE E4300 GMNA

    ReplyDelete
  4. Makasih gan :D
    Jadi tinggi nilai PKL aku ni gara² tips agan

    ReplyDelete
  5. kalau latop asus gimana gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. detail masalahnya seperti apa bro?

      Delete
    2. - Coba ke tombol menu terus search
      - lalu copas ini "C:\Program Files (x86)\ASUS\ATK Package\ATK Hotkey\HControl.exe" (tanpa tanda petik) , terus klik HControl.exe
      - kemudian cobain tombol tombol fn nya

      Delete
  6. Makasih Bro, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  7. Kalo laptop compaq presario cq42 gmna ya..

    ReplyDelete
  8. Please email ke ikajutexabis@gmail.com
    Aku butuh bgt..

    ReplyDelete
  9. Makasih Gan sekarang laptop gua sudah balik lagi seperti semula

    ReplyDelete
  10. Kalo sebagian tombol gak bisa digunain gmn cara ngatasinnya gan ???

    ReplyDelete
  11. Udah saya coba gan tapi kok masih belum bisa ya?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Gan minta tolong bgt, kalo asus X 453M saya harus log in windows dulu dan harus ngetik pasword. Pas saya ketik gabisa respon, on screen keyboard juga fungsinya sama kaya keyboardnya.

    Saya tap n keluar wifi,
    Trus klo mau hidupin caps lock harus tekan ctrl dulu
    Ini gmn ya, minta tolong bgt gan penting soalnya

    ReplyDelete
  14. Laptopku asus keyboard huruf adjatnya gk bisa tapi tombol lainnya bisa..itu cara mengembalikannya gimana ya?

    ReplyDelete
  15. mlm mas.mau tanya.keybord ganti baru setelah di pasang.huruf dan angka acak2 kan

    ReplyDelete
  16. kalo axioo neon rno saya saat ini hutuf m,j,k,l,u,i,o,p,7,8,9,0 kalo tombol FN nggak di tekan nggak keluar hurufnya....kenapa ya? coba cara diatas nggak bisa.

    ReplyDelete
  17. kalo laptop lenovo gimana gan?

    ReplyDelete
  18. Thanks bro .... main dota jadi mateb nih gra" tips ini 😀

    ReplyDelete
  19. Gan laptop sy Lenovo..kok klw di tekan tombol huruf atau angka yang muncul malah shortcut ke menu lain...atau malah membuka sebuah aplikasi...

    ReplyDelete
  20. kalo leptop aku tiba2 mati sendri knp ya

    ReplyDelete
  21. SANGAT MEMBANTU.. TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  22. Tombol F2 aspire one tidak berfungsi

    ReplyDelete
  23. やれやれ、
    Mohon sertakan gambar pendukung setiap langkahnya agar tidak abstrak seperti ini. Beberapa BIOS tidak memiliki option Function Key Mode yang Anda maksud. Dan bagaimana caranya jika option tsb tidak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. iya bener nih, cara2 yg lewat BIOS gk bisa di laptop ane karna gk ada opsi Function Key..lantas gmn yaa matiin tombol Fn nya? (make cara Fn + Numlock gitu2 juga gk bisa), help soalnya kalo mau ngidupin wifi laptop harus Fn + F9 :') sedangkan ane make keyboard eksternal gk ada tombol Fn, keyboard bawaan laptop sering rusak jadi gamau dipake lagi tapi kalo mau ngidupin wifi masa harus make keyboard laptoppp

      Delete
  24. Penjelasannya singkat padat dan jelas . untuk versi laptop terbaru 2018 dan mengalami eror tombol fn bisa dicoba dengan cara ini Cara Sederhana Memperbaiki Tombol Fn Error Pada laptop terbaru

    ReplyDelete
  25. Mohon bantuannya gan,ini ku laptop Lenovo ideopad 320 ,tombol F3 yang seharusnya volume(+) jadi gk bisa jalan,gimana ya cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  26. aku ada masalah juga gan sama LENOVO IDEAPAD 310S-11IAP tombil F1 kn mute volume nah itu tiap laptop nyala notif keluar terus dilayar jadi mouse macet gmna tu gan?
    tolong bantuannya makasi

    ReplyDelete
  27. laptop MSI ku kalo mau tulis hurus z sama x harus tekan fn dulu om
    ada solusi?

    ReplyDelete
  28. Kalau kejadiannya di keyboard eksternal gimana ya? Keyboard asli laptopnya gak masalah

    ReplyDelete
  29. kenapa tombol fn+f12 bisa fn+f11 gabisa kadang mencet sendiri f11nya ketika buka google ataupun apk yang lain?

    ReplyDelete
  30. Lanjutkan karyamu bang... Saya sangat terbantu🤗

    ReplyDelete
  31. bang kasusnya sama seperti saya tiba-tiba gak bisa langsung klik f1-f12, tapi pas masuk bios gak ada menu yang seperti nte bang gimanan itu?

    ReplyDelete
  32. untuk fungsi f11 dan f12 di restart aja udah enakan

    ReplyDelete
  33. Bro laptop gw kepencet F10 eh tb2 mati layarnya item pdhl laptopnya masih idup gmn nih bro? (Lenovo)

    ReplyDelete
  34. Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    ReplyDelete
  35. Bang mau nanya,kok laptop saya BIOS nya berbeda yah? Btw laptop aku asus

    ReplyDelete

Silahkan isi komentar sobat di sini
No Sara, No Spam ! Thank You .

 

Copyright @ 2013 Blog Izie.