Tutorial Membuat Lens Effect (Efek Lensa) dengan Corel Draw x7



Pada tutorial kali ini saya akan memberikan suatu cara membuat efek lensa dengan corel draw, semua versi sama saja hanya beda dari letak tools nya saja. Namun untuk tutorial ini saya menggunakan corel draw x7, oke langsung saja kita menuju langkah pertama :

1. Buka aplikasi corel draw, lalu new(Ctrl+N)
2. Buatlah dua buah lingkaran dengan menggunakan Ellipse tool, satu untuk pinggiran lansa dan yang satunya lagi untuk lensa, lalu tambah lingkaran yang ukurannya sedikit lebih kecil pada lingkaran yang sebelah kiri dengan cara tekan Shift+tarik ujung lingkaran. Kemudian seleksi kedua lingkaran tersebut dan "combine"(Ctrl+L), dan beri warna hitam.



2. Sekarang bagian membuat lensanya.
Buat 2 buah lingkaran (lingkaran oval kecil dan lingkaran besar), seleksi lingkaran tersebut lalu Klik menu object >> Group >> Group objects (Ctrl+G) beri warna putih.

3. Masukan lingkaran sebelah kanan (lensa) ke lingkaran hitam >> Seleksi semua lingkaran takan (C) lalu (E) agar pas di tengah-tengah.




4. Buat gagang lensa dengan "Rectangle Tool", buat persegi panjang lalu tarik ujungnya dengan "Shape Tool" Sehingga seperti gambar di bawah ini :


 Kemudian seleksi kedua objek tersebut, lalu klik menu object >> shaping >> Weld , agar kedua objek tersebut menyatu.

5. Buat Lingkaran besar beri warna putih dan hilangkan garis luarnya, lalu rubah menjadi transparan dengan mengguanakan "Transparency tool" lalu klik kiri pada lingkaran besar >> pilih "PowerClip Inside" >> klik kiri pada lingkaran hitam :


6. Buat sebuah kotak lalu beri tulisan (terserah anda) dengan "Text tool", caranya klik garis atas pada kotak . kemudian tekan (Shift+pgdown) agar teks berada di bawah lensa.



7. Ungroup Lingkran yang di tengah, Klik pada lingkaran tengah (bukan lingkaran oval) lalu transparankan dengan "Transperancy tool". kemudian pada lingkaran oval klik "Transperancy tool" lalu drag pada object.



8. Seleksi pada Lingkaran tengah lalu klik menu effects >> Lens , maka akan muncul Docker Window , lalu pili Magnify , dan sesuaikan Amount nya >> Apply.



Selesai .

Sekarang tinggal di Export ke JPG .

NB : Docker Window (Window yang menampilkan Perintah-perintah yang dapat kita gunakankembali saat kita melakukan editing)

Hasil :


















Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga bermanfaat dan selamat Mencoba "Tutorial Membuat Lens Effect (Efek Lensa) dengan Corel Draw x7"

7 komentar:

  1. gan boleh minta tutorial pembuatan efek tulisan dari corel draw? nice info yang ini gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan nanti nyusul, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. bagus gan. ijin intip ya? trima kasih
    jangan lupa kunjug balik
    http://sebuahtutorialku.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Silahkan isi komentar sobat di sini
No Sara, No Spam ! Thank You .

 

Copyright @ 2013 Blog Izie.