Perancangan Tampilan (Design Interface)


Pendahuluan

  • Salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang menarik, yang harus dimiliki oleh perancang tampilan:
  • Jiwa seni yang memadai
  • Mengetahui selera user secara umum
  • Seorang perancang tampilan HARUS mendokumentasikan semua pekerjaan yang telah dia kerjakan selama ini, sebagai bahan evaluasi pembuatan tampilan yang baru atau memperbaiki tampilan sebelumnya 
  • PROGRAM YANG DIBUAT BUKAN UNTUK ANDA, NAMUN UNTUK ORANG LAIN 



Cara Pendekatan
jenis program aplikasi :
  • Special purpose software
  • General  purpose software

Special Purpose Software
  • Yaitu program aplikasi untuk keperluan khusus dengan user yang khusus pula (special purpose software)
  • Kelompok user dapat dengan mudah diperkirakan, baik dari segi keahlian maupun ragam antarmuka yang akan digunakan
  • Mis: program inventori gudang, pengelolaan data akademis mahasiswa, pelayanan reservasi hotel
  • Pendekatan yang digunakan:
User-centered design approach: perancang dan user bersama-sama membuat tampilan antarmuka
  • User design approach: hanya user yang membuat tampilan antarmuka
General Purpose Software
  •  Yaitu program aplikasi yang akan digunakan oleh berbagai macam kalangan user
  •   •Perancang dapat melakukan pemaksaan kepada user untuk menerima tampilan antarmukanya, walaupun dapat memberikan dampak program tersebut tidak laku 
  • Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah user dapat melakukan perubahan tampilan sesuai dengan keinginannya sendiri (customization), mis: merubah warna dasar, pengaturan desktop, wallpaper, screensaver, dll
  
Komponen Antarmuka Pengguna
  1. 1.Model pengguna; memungkinkan user untuk mengembangkan pemahaman yang mendasar tentang apa yang dikerjakan oleh program, bahkan oleh user yang sama sekali tidak mengetahui teknologi komputer
  2. Bahasa perintah; sedapat mungkin menggunakan bahasa alami 
  3. Umpanbalik; kemampuan sebuah program yang membantu user untuk mengoperasikan program itu sendiri   
  4. Tampilan informasi; digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika user melakukan suatu tindakan
Urutan Perancangan
  1. 1.Pemilihan ragam dialog     
  2. Perancangan struktur dialog; melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut      
  3. Perancangan format pesan; tata letak tampilan, keterangan tektual secara terinci, dan efisiensi inputing data harus mendapat perhatian lebih 
  4.   Perancangan penanganan kesalahan  
  5. Perancangan struktur data
Penanganan Kesalahan
  • Validasi pemasukan data, mis: jika user harus memasukkan bilangan positif, namun dia memasukkan data negatif atau nol, maka harus ada mekanisme untuk mengulang pemasukan data tersebut • 
  • Proteksi user; program memberi peringatan ketika user melakukan suatu tindakan secara tidak sengaja, mis: penghapusan berkas
  •  •Pemulihan dari kesalahan: tersedianya mekanisme untuk membatalkan tindakan yang baru saja dilakukan 
  • Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu

Perancangan Tampilan Berbasis Teks
  • Urutan penyajian; disesuaikan dengan model pengguna• 
  • Kelonggaran; mis: dengan adanya jarak spasi antar perintah, atau penempatan yang khusus• 
  • Pengelompokkan data yang saling berkaitan• 
  • Relevansi; hanya pesan-pesan yang relevan saja yang ditampilkan di layar
  •  •Konsistensi; menggunakan suku kata yang konsisten untuk menjelaskan sesuatu• 
  • Kesederhanaan; menggunakan singkatan yang dipahami oleh umum
Perancangan Tampilan Berbasis Grafis
  • Ilusi pada obyek-obyek yang dapat dimanipulasi, mis: gambar disket, printer, dll
  •  •Urutan visual dan fokus pengguna, mis: tanda kedip untuk posisi kursor, penggunaan warna yang berbeda• 
  • Struktur internal; berguna untuk menunjukkan bahwa obyek yang sedang dihadapi dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan user• 
  • Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai, mis: gambar disket, printer, dll• 
  • Kesesuaian dengan media/informasi yang akan disampaikan

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar sobat di sini
No Sara, No Spam ! Thank You .